headerphoto

K T S P

Latar Belakang

Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan ini meliputi tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan dasar,  dan tujuan yang disesuaikan  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, serta satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu, kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan, memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Penilaian Pendidikan, dan Standar Proses merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.  Hal ini pun digunakan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Tujuan pengembangan Kurikulum

Kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta disusun dengan maksud untuk melaksanakan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 24 tahun 2006 tentang standar isi dan penyesuaian antara kompetensi dasar mata pelajaran terhadap alokasi waktu yang dibutuhkan. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyusun  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan tujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar :

  1. Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, memahami dan menghayati, serta mengamalkan ajaran Islam.
  2. Meningkatkan pengembangan keragaman potensi, minat dan bakat, serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  3. Mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan potensi fisik dan membudayakan sportifitas serta kesadaran hidup sehat.
  5. Meningkatkan kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain.
  6. Membangun karakter peserta didik untuk menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  7. Membudayakan hidup sehat dan berwawasan lingkungan.

Selain itu KTSP disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang dikembangkan dengan ciri-ciri tujuan tingkat satuan pendidikan sesuai dengan visi, dapat diukur, dan terjangkau yaitu :

  1. Menyelaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni yang berwawasan lingkungan
  2. Memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan  menjunjung kelestarian lingkungan, keragaman budaya dan karakter bangsa.
  3. Memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan    intelektual, emosional, spiritual dan karakteristik peserta didik secara        optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya
  4. Meningkatkan toleransi dan  memperhatikan norma syariat  agama Islam yang berlaku di lingkungan sekolah
  5. Agar pembelajaran berkeadilan untuk mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Pada Struktur Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah berisi  sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik yang tertuang dalam standar isi meliputi lima kelompok mata pelajaran, yaitu:
1.    Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2.    Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian
3.    Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan teknologi
4.    Kelompok mata pelajaran Estetika
5.    Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

Struktur kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun, mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

  • Kurikulum SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta memuat sepuluh mata pelajaran, empat muatan lokal, yaitu bahasa Jawa, Elektronika, bahasa Inggris dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
  • Jumlah jam pelajaran untuk setiap minggu adalah 43 jam
  • Alokasi waktu untuk satu jam pelajaran adalah 40 menit
  • Jumlah minggu efektif untuk satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
  • Waktu belajar mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 13.25, dengan diawali tadarus bersama sebelum jam pertama

 

STRUKTUR MATA PELAJARAN
KURIKULUM SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai berikut:

A. Kurikulum Sekolah Muhammadiyah      
1.    Ibadah Muamalah (1 jp)     
2.    Tauhid (1 jp)
3.    Akhlak (1 jp)     
4.    Tarikh Islam (1 jp)
5.    Kemuhammadiyahan  (1 jp)
6.    Bahasa Arab (1 jp)
 

B. Kurikulum Nasional      
1.    Matematika (4 jp)     
2.    Bahasa Indonesia (4 jp)     
3.    Bahasa Inggris (4 jp) 
4.    IPA (4 jp)
5.    PKn (2 jp)     
6.    IPS (2 jp)     
7.    Seni Budaya (2 jp)     
8.    Penjaskes (2 jp)     
9.    T I K (2 jp)   
 
C. Kurikulum Muatan Lokal      
1.    Bahasa Jawa (2 jp)     
2.    Elektronika (2 jp)     
3.    Pendidikan Lingkungan Hidup (2 jp)

Klik Disini untuk download KTSP

Klik Disini untuk download Kalender Pendidikan 2011/2012

Klik Disini untuk download Jadwal Pendidikan Semester 2 tahun ajaran 2011/2012