MENGENAL POTENSI DIRI DALAM MEMILIH SMA ATAU SMK

Oleh : Sonny Irawa

A. Bakat dan Minat

Bakat dan minat saling berdekatan dan beriringan antara satu dan lainnya. Suatu kondisi yang membedakan antara bakat dan minat adalah situasi lingkungan dan kesempatan yang berbeda-beda. Bakat merupakan kapasitas, kemampuan yang ada pada setiap individu yang mana dipengaruhi oleh ketrampilan yang sudah dijalani. Dengan kata lain kemampuan yang dibawa sejak dini dimana masih bisa dikembangkan lebih lajut. Sedangkan minat berhubungan dengan lingkungan. Minat dapat dilihat dari hal-hal sederhana yang sering dilakukan. minat bisa berubah – berubah tergantung situasi lingkungan yang mempengaruhinya.

Bakat dan minat bisa dikembangkan seiring berjalannya waktu, kesempatan yang didapat dan sarana dan prasarana yang menunjang. Banyak cara untuk mengembangkan bakat dan minat, antara lain dengan membuka wawasan. Dengan kita sering banyak membaca buku, mengeksplorasi informasi di internet, televisi, dan media sosial dan elektronik lainnya kita dapat mengetahui tentang keberagaman bakat dan minat di luar sana. Sehinga kita mendapat banyak tambahan wawasan informasi untuk mengembangkan bakat dan minat

Fasilitas yang banyak juga dapat melatih bakat dan minat lebih baik. Tanpa fasilitas yang baik, perkembangan bakat dan minaat tidak akan berjalan lebih optimal.  Bakat dan minat akan lebih optimal apabila kita juga dapat mengapresiasi lebih terhadap kemampuan diri sendiri. Tanpa kita berusaha mengapresiasi diri sendiri, maka secara tidak langsung kita juga telah ikut andil dalam menghambat perkembangan bakat dan minat. Membuat karya juga dapat meningkatkan minat kita. Tidak hanya cukup dengan mendengar dan melihat saja tetapi kita juga harus bisa menghasilkan sesuatu karya yang dimana karya tersebut bisa menambah ketertarikan minat dan mengoptimalkannya. Bakat dan Minat perlu disalurkan ke arah yang selaras agar bisa menghasilkan prestasi yang baik. Bakat minat bisa diketahui dengan berbagai cara, selain dengan menyalurkan ke dalam bentuk karya, kegiatan juga bisa dilakukan dengan TES Bakat dan Minat

B. SMA

Setelah menempuh 3 tahun Pendidikan di sekolah menengah pertama, peserta didik akan dibingungkan dengan banyaknya pilihan studi lanjut, salah satunya SMA. Di Jogjakarta khususnya sekolah SMAN dan Swasta berjumlah lebih dari 20 sekolah. Beragamnya jumlah sekolah ini tentunya dapat membuat peserta didik kebingungan. Oleh karena itu pentingnya peserta didik dalam mengenal bakat dan minat serta prestasi bisa jadi solusi dalam memilih kelanjutan studi. Penjurusan di SMA pun beragam, tidak hanya dengan jurusan IPA dan IPS tetapi juga dilengkapi dengan jurusan BAHASA dan Kelas Olahraga.

Berikut Daftar sekolah Negeri dan Swasta di Kota Yogyakarta :

  1. SMAN 1 , 2, 3, 4, 5,6,7,8,9,10 dan 11
  2. SMAS Yayasan Taman Siswa
  3. SAMS Yayasan Muhammadiyah
  4. Dll

C. SMK

Provinsi Jogjakarta khususnya kota jogja mempunyai beberapa sekolah SMK baik negeri maupun swasta yang beragam. Sekolah- sekolah tersebut menawarkan banyak program dan keahlian yang berbeda-beda. Contohnya jika Bakat dan Minat kita menyukai bidang Otomotif maka bisa disalurkan di sekolah yang menyediakan jurusan otomotif, yaitu SMKN2,SMK Muhammadiyah 3, SMK PIRI 1. Ada juga SMK khusus keperawatan dan juga Kesehatan yang memberikan sarana dan prasarana bagi peserta didik yang mempunyai bakat-minat di bidang Kesehatan. Berikut jenis-jenis jurusan yang ada di SMK :

  1. Teknik Permesinan                           16.  Teknik Animasi
  2. Teknik Kendaraan Ringan               17. Teknik Transmisi Telekomunikasi
  3. Teknik Alat Berat                               18. Teknik Komputer Jaringan
  4. Teknik Audio Video                           19. Komponen Keahlian Akomodasi Perhotelan
  5. Teknik Instalasi Tenaga Listrik       20. Komponen keahlian Jasa Boga
  6. Teknik Penyiaran                               21. Komponen Keahlian Kecantikan Kulit
  7. Akutansi                                              22. Kompenen Keahlian kecantikan Rambut
  8. Administrasi Perkantoran                23. Komponen Keahlian Tata Busana
  9. Pemasaran                                           24. Teknik Mekatronika
  10. Usaha Perjalanan Wisata                  25. Pekerjaan Sosial
  11. Rekayasa Perangkat Lunak              26. Pembuatan dan Perbaikan Badan Kapal
  12. Teknik Gambar Bangunan                27. Teknik Pengelasan
  13. Teknik Konstruksi Beton                   28. Jurusan Produksi Grafika
  14. Teknik Mekanik Otomotif                 29. Jurusan Persiapan Grafika
  15. Teknik Multimedia                             30. Teknik Elektro Industri

D. Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih studi lanjut

  • Bakat dan Minat yang sudah ditekuni sejak dini.
  • Hasil tes bakat dan minat serta informasi dan konseling dengan guru BK
  • Kemampuan akademik dan prestasi
  • Kemampuan ekonomi orang tua
  • Persetujuan orang tua
  • Kondisi lingkungan disekitar sekolah yang akan kita tuju.

Daftar Pustaka : http://www.pendidikan.co.id. Bakat dan Minat, Diakses pada 18 September 2020.

http://www.Youtube.com antara SMA atau SMK. Diakses pada 18 September 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *