Native Mesir Ajarkan Kelas Bahasa 4 Cara Ungkapan Pendek

Yogyakarta_ (1/2) Kelas Bahasa merupakan kelas unggulan yang dimiiki SMP Muhamamdiyaha 1 Yogyakarta, Hj. Siti Roikhanah, S.Pd.,M.M., selaku kepala sekolah mendorong dan mengapresiasi rangkaian agenda yang sudah berjalan sejak semester gasal sampai saat ini, dengan berbagai variasi virtual yang mudah diakses dan diikuti peserta didik kelas Bahasa VII,VIII dan IX.

Mengawali bulan Februari diselenggarakan Native Class- Arabic Speaker oleh Dr. Mahmud Hamzawi Usman, M.S.I. yang bertemakan “Al’Ibaraatul Qoshirah Alyaumiyah” Ungkapan pendek yang digunakan sehari-hari, topik tersebut penting untuk diketahui dan diprakekan siswa dalam rangka mempelajari Bahasa Arab lebih mudah.

Pemaparan Ustadz asli Mesir ini, menjelaskan tentang ungkapan yang digunakan sehari-hari kepada orang yang baru dikenal dapat dirangkum dalam 4 poin, yaitu;

  1. At-Ta’aruf : Perkenalan dengan sapaan salam, shabahul khair (selamat pagi), naharuka sa’id (selamat siang), ismii (namaku), askunu (saya tinggal), adrusu fii madrasati (saya belajar di sekolah), ana a’malu fii (saya bekerja di) dan lain sebagainya.
  2. As-Su’al: Mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kalimah Istifham (kata tanya) seperti; hal (apakah), maadza (apa), aina (dimana), mataa (kapan), kam (berapa), ayyu (yang mana), kaifa (bagaiman), man (siapa). Jika tidak hafal dengan kosa kata arab bisa menggunakan degan cara meninggikan intonasi hadza Muhammad! (ini Muhammad!), atau dengan kalimat ana uriidu an a’rifa (saya ingin mengetahui….) kalimat ini umum dipakai dikalangan orang Arab, kam atau bikam (berapa), dan lain -lain
  3. Ma’lumat Syahshiyah : informasi seputar pribadi )bila diperlukan, semisal status, anak ke, orang tua.
  4. Mujamalaat : Basa basi dengan kata yang sudah masyhur (terkenal) seperti; hasanan (baik), Mumtaz (sempurna), ana mutabi’ (saya mengikuti), hadza kalamun muhimun jidan (ini perkataan mudah dipahami, sa’idun jidan biliqaika (saya senang sekali bejumpa dengan anda), demikin bila mengakhiri pertemuan ungkapkanlah ayyu khidmah (ada yang bisa dibantu).

Keaktifan siswa terekam saat ustadz mengajukan berbagai pertanyaan yang telah disampaikan, dengan jawaban yang benar oleh siswa, dan keikutsertaan siswa dari awal hingga selesainya acara, acara didampingi para wali kelas sebagai promotor  serta guru Ismuba yang mengajar Bahasa Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.