CTL MuhiJunior (Wisata Religi dan Kunjungan ke Saloka Theme Park)

Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan  pembelajaran yang mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dengan kehidupan mereka sehari- hari. Contextual Teaching Learning (CTL) menjadi agenda tahunan bagi kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Salah satu kegiatan CTL ini adalah wisata religi. Lokasi yang dituju untuk agenda CTL ini seperti tahun kemarin  yaitu Semarang Jawa Tengah. Siswa mengunjungi dua lokasi berbeda yaitu Firdaus Fatimah Zahra Semarang dan Saloka Theme Park pada 22 Januari 2024.

Siswa siswi kelas VII sebanyak 198 siswa yang terbagi menjadi lima rombongan berangkat pukul 06.00 WIB dengan mengenakan baju putih bagi siswi dan kain ihram bagi siswa. Semua siswa langsung menuju ke bus masing-masing dan menempatkan diri sesuai dengan tempat duduk yang telah dipilih.

Setibanya di lokasi pertama, yaitu Firdaus Fatimah Zahra para peserta rombongan manasik Umrah melaksanakan wisata religi, seperti berada di Kota Makkah. Di sana semua rombongan dapat merasakan dan menikmati keindahan miniatur Ka’bah dan berbagai replika yang ada di Arab Saudi seperti replika Masjidil Haram, replika Masjid Nabawi, Di sini replika yang disiapkan mulai dari keimigrasian, Bandara King Abdulaziz, replika Ka’bah, replika Mina, Muzdalifah atau tempat jemaah mabit atau bermalam, Jabal Rahmah, Jamarat atau tempat lempar jamrah hingga Pasar Seng. Seluruh peserta rombongan sangat antusias melihat semua replika dan mengikuti seluruh rangkaian rukun dan sunnah Umrah.

Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan di Firdaus Fatimah Zahra, seluruh peserta menuju ke Saloka Theme Park yang berada di Jl.Fatmawati, Gumuksari, Lopait, Kabupaten Semarang.

Seluruh siswa dapat mencoba seluruh wahana permainan yang berada di Saloka Theme Park. Setelah menyelesaikan seluruh wahana yang berada di Saloka, seluruh rombongan kembali ke bus dan persiapan kembali ke Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *