Latihan Manasik Haji Muhijunior Kuatkan Nilai Religiusitas

Muthawif

Yogyakarta_ (19/01) SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan Latihan Manasik Haji bagi siswa kelas IX sebanyak 235 siswa. Latihan ini menjadi bagian penting program sekolah untuk menggugah kesadaran dan motivasi kepada siswa dalam menunaikan ibadah wajib umat muslim rukun ke lima yaitu Ibadah Haji. Kamis, 19 Januari 2023.Β 

Kegiatan ini bagian dari ujian praktik Fikih pertama, secara teori sudah dibekali pada semester gasal. peserta manasik berkumpul di hotel Makah berada di Masjid K.H. Ahmad Dahlan sebagai kegiatan perdana sebelum mengucapkan Talbiyah. Para Orang Tua siswa yang mengantarpun tak kalah semangat, memberi salam dan jabat tangan pertanda dukungan positif dengan program kegiatan ini. 

Bapak Ibu Tim Ismuba dan Pendamping Manasik telah siaga diri manata dan mengarahkan para siswa bersiap mengawali kegiatan Manasik Haji. Anak-anak putra berselempang ihram petanda siap melaksanakan Manasik meskipun cara mengenakannya masih dibantu oleh bapak guru. KBIH PCM Sewon Utara Bantul mengkoordinir dibawah bimbingan Bapak Drs. H. Suwardi bersama 3 pembimbing lainnya yaitu, Dra. Hj Siti Syukriyah, S.Pd., Hj. Siti Djufroniah, S.Pd. dan Drs. H. Tejo Wahyono mendampingi para siswa agar bisa berimanasik dengan benar dan melibatkan 16 mahasiswa PUTM.

Sebelum pemberangkatan rombongan para peserta mendapat sambutan dari Kepala Sekolah SMP Muh.1 Yogyakarta bapak Suwahono, S.Pd. dan juga Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bapak Dr. Muh. Syamsudin, S.Ag.,M.Pd. Betapa semangat dan bahagia menyelimuti kegiatan pagi ini karena Bapak Dr. Muh Syamsudi memberikan suport yang luar biasa dan mengapresiasi kegiatan ini seraya mengajak berdoa bersama semoga para siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Guru dan Karyawan serta Orang Tua siswa dimampukan Allah dapat menjalankan Ibadah Haji sebagai puncak Ibadah umatΒ  Muslim.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir kegiatan. Terimakasih kepada Bapak Ibu Guru Ismuba dan Bapak Ibu Pendamping yang sudah menjalankan program ini dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *