Pelayanan Bimbingan Konseling di Masa Covid-19

Oleh: Sony Irawan, S.Pd.

Masa Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara online artinya tidak ada kehadiran pesertadidik secara formal di sekolah, dalam hal ini peran Bimbingan Konseling (BK) bukan berarti tidak terlihat, maka Pelayanan BK di masa sekarang adalah dengan metode TPACK (Technological, Pedagogic, And Content  Knowledge) melalu tiga tahap

Tahap Persiapan (Preparing) Need Assesment :  1. Identifikasi Data berbasis Technological Knowledge : a. Analisis Kebutuhan Peserta Didik berbasis G-Form b. Google Classroom, Chat Grup ( Telegram, WA, Line dll ) 2. Analisis , Pengolahan data dan Interprestasi data menggunakan google respone

Tahap Perencanaan ( Designing) Program layanan termasuk program tahunan dan semester, menggunakan Framework TPACK (Technological, Pedagogic, And Content  Knowledge)

Aplikasi Content Knowledge

 layanan Klasikal materi layanan di susun minimalis dan singkat tetapi disesuaikan dengan tujuan layan  2. Bahasa yang mudah dipahami disertai informasi terbaru berupa gambar pendukung , di tunjang video  3. conten layanan bersifat hanya dibaca saja, ditanggapi, ada yang berupa pencarian sendiri.

Layanan yang dilakukan selama Pandemi

Pelayanan yang dilaksanakan selama pandemi dilaksanakan sesuai standar operasional Pelaksanaan Layanan BK Khusus , adapun orang tua dan pesertadidik yang menginginkan untuk bertemu tatap muka, maka harus melalui prosedur yang diijinkan. Bimbingan Konseling (BK) mengupayakan adanya optimaisasi pelayanan terhadap pesertadidik SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.