Dalam rangka mendukung para pendidik di tengah tantangan belajar di era digital, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar webinar “Mengawal Emosi Peserta Didik dengan Afirmasi Positif” pada (1/10/24) secara daring. Webinar ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan seorang pendidik di era generasi Z saat ini. Acara yang diadakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan menghadirkan Keynote Speaker, Bapak Hasyim, S.IP.,M.Acc beserta dua narasumber, Bapak Yudi Biantoro, S.Pd selaku Guru Penggerak Angkatan 7 dan PP Angkatan 11, dan Bapak Dwi Rohmadi, M. Pd selaku CGP Angkatan 11.
Acara ini dihadiri oleh lebih dari 90 peserta yang tergabung dalam Zoom meeting maupun kanal Youtube SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Webinar diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Bapak Suwahono, S.Pd. Dilanjutkan dengan pemaparan webinar oleh para narasumber. Narasumber pertama Bapak Yudi Bintoro, S.Pd memaparkan tiga manfaat afirmasi positif bagi siswa yaitu meningkatkan kesejahteraan emosional, meningkatkan sikap positif dalam pembelajaran, dan mendorong pembelajaran mandiri.
Webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Bapak Dwi Rohmadi M.Pd yang menjelaskan mengenai berbagai praktik baik yang telah dilakukan dalam mengawal emosi peserta didik dan pentingnya strategi pengelolaan emosi dalam pembelajaran yang dapat menjadi solusi untuk mendukung perkembangan peserta didik di era generasi Z.
Pengelolaan emosi yang baik dapat membantu peserta didik tidak hanya dalam belajar, tetapi juga dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Dengan afirmasi positif, seorang pendidik dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Webinar dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab oleh peserta dan pembicara dan ditutup dengan ringkasan dan kesimpulan dari moderator, Bapak Asfandi, M.Pd.
Webinar ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi peserta webinar tentang pentingnya pengelolaan emosi peserta didik dalam pembelajaran dengan memberikan afirmasi positif kepada peserta didik.