Edukasi “Haidh” untuk Siswi Muhijunior

Pembinaan oleh Ibu Nanik Dwi Haryani

Masa baligh adalah salah satu fase pertumbuhan anak dalam Islam yang dikenal juga dengan masa pubertas. Pada laki-laki ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertentu, mimpi basah, tumbuh jakun, dan suara semakin berat. Sedangkan pada perempuan ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertentu, menstruasi (haidh), suara semakin nyaring, dan tumbuhnya payudara.

Dalam Q.S Al- Baqarah ayat 222 Allah SWT berfirman;

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ

فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

“Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.”

Haidh merupakan kondisi alamiah yang dilalui perempuan mengharuskan setiap muslimah mengetahui kewajiban apa saja yang harus ditingalkan dan apa saja yang harus dikerjakan, Ismuba dan Humas memprogramkan adanya Pembinaan Keputrian. Siswi yang sedang udzur shalat berjamaah, mereka diarahkan ke Perpustakaan kemudian menulis hari ke berapa Haidh pada presensi yang sudah disediakan.

Pengisian Presensi Haidh

Dalam Islam, anak yang sudah baligh dikatakan sebagai “mukallaf” atau orang yang sudah diwajibkan untuk menjalankan syari’at Islam. Peran keluarga sangat penting sebagai madrasatul ula (sekolah pertama) tapi tidak semua keluarga mendiskusikan tentang persolan baligh, maka sebagai pendidik selama siswi mengalami haidh diberikan tempat dan waktu dalam membina oleh ibu ibu guru yang sudah terjadwal, durasi waktunya menyesuaikan jamaah shalat dhuhur di sekolah.

Materi yang disampaikan lingkupnya luas seperti; Fikih Wanita, Psikologi remeja, Kesehatan reproduksi, Berita terkini dan lain sebagainya.

Harapnnya siswi semakin paham tentang apa yang harus dilakukan sebagai muslimah dan menjadi pribadi yang memiliki karakter sesusai koredor Islam.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.