Muhijunior Turut Serta Mensukseskan PISA

Yogyakrta_(27/05) SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta ditunjuk sebagai sekolah yang mendapat kehormatan dalam mensukseskan Programme for International Student Assessment (PISA). PISA sendiri sebagai alat ukur patokan (bencmarking) internasional untuk kualitas pendidikan.
Menguntip pada laman https://litbang.kemdikbud.go.id
Programme for International Student Assessment (PISA) yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Setiap 3 tahun, murid-murid berusia 15 tahun dari sekolah-sekolah yang dipilih secara acak, menempuh tes dalam mata pelajaran utama yaitu membaca, matematika dan sains. Tes ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan. Indonesia telah berpartisipasi dalam studi PISA mulai tahun 2000.

PISA bertujuan mendorong negara-negara agar dapat belajar satu dengan yang lain agar pendidikan semakin lebih baik, inklusif dan efektif.
Jumat 27 Mei 2022 Sebanyak 42 siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengikuti PISA selama 3,5 jam soal litersai, soal nurerasi, dan soal sains. Hal ini di sampaikan Yunita Sari, S.Pd. Selaku Waka Kurikulum disela kesibuknnya
“Kami siapkan peserta sebanyak 70 siswa berusia minimal 15 tahun kemudian diambil 42 peserta, ijin satu dikarenakan sakit dan bisa disusulkan”. simpulnya
PISA di monitoring langsung dari Dirjen SMP Kemdikbud ristek bersama Dikpora kota Yogyakarta.
Menjadi kebanggaan bagi sekolah dari 65 Sekolah jenjang SMP di Kota Yogyakarta terpilih lima sekolah dan salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 1Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.