Halal bihalal 1442H SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta

Yogyakarta_(23/5) Halal bihalal menjadi tradisi kental di Indonesia pasca Ramadhan, momen bulan Syawal dijadikan untuk saling bermaafan, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan Halal bihalal virtual 1442 H pada Kamis, 20 Mei 2021 melibatkan seluruh guru, karyawan, siswa kelas VII, VIII dan IX serta orang tua/wali siswa yang turut mendampingi.

Acara dipandu oleh Suratinem, S.Pd. selaku waka Humas, dengan mengangkat tema “Merajut Silaturahim, Sucikan Hati untuk Merekatkan Persatuan” agar terwujud persatuan dengan Halal bihalal, susunan acara dimulaidengan pembukaan dilanjutkan kalam Ilahi Muhammad Faiz Athallah 9A dan sari tilawah Anggita Dwi Lestari 8C kemudian sambutan Hj. Siti Roikhanah, S.Pd., M.M. dilanjutkan sambutan Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta Drs. H. Aris Thobirin, M.S.I. pesan mendalam disampaikan oleh ketua Majelis Dikdasmen bagi para siswa kelas IX setelah pengumuman kelulusan ASPD 4 Juni 2021 harus disampaikan dengan rasa syukur, dengan hal yang positif sesuai Q.S Ibrahim: 7.

Ikrar Syawalan siswa diucapkan oleh annada Raya Naufa Nur Kamila kelas 8B sebagai ketua IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) dan dijawab oleh guru karyawan yang disampaikan oleh Drs. H. Parjimin.

Acara inti Tausyiah oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. beliau menuturkan “Syawal bermakna meningkat atau tekat baru, setelah melampoi bulan puasa maka kita menjadi  pemenang sebagai manusia yang baru yang tergambar dengan ciri-cirinya; gemar berbagi, berusaha mengendalikan amarah dan memaafkan”

Gunawan Budiyanto merupakan alumni SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta tahun 1975 dan menjadi siswa yang berprestasi yang  mengharumkan almamater, melanjutkan tausyiahnya dengan menukil Q.S Al-‘Alaq 1-5 menerangkan secara gamblang, detail dan jelas.

Selengkapnya dapat disaksikan pada link Yutube SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta

Rangkaian acara Halal bihalal  dilanjutkan secara offline pada hari berikutnya Jum’at, 21 Mei 2021 oleh guru karyawan komplek Purwodiningratan dengan senam bersama dan tasyakuran Khatmil Qur’an setelah menyelesaikan 30 Juz di bulan Ramadhan, seddangkan siswa dihari tersebut mengikuti Bimbingan dan Konseling SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta seputar “Kiat Sukses Menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) melalui Zoom Meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.