Kelas Sains Belajar Ecoprint

Yogyakarta _ (1/6/22) Program Kelas Sains (VIIC) SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan kegiatan praktek ekstrakurikuler Sains berupa Ecoprint. Ecoprint sendiri adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain secara alami sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Tehnik ini dilakukan secara langsung antara daun, bunga, batang atau bagian lain yang mengandung pigmen warna tertentu dengan media kain tertentu.  Siswa mengikuti dengan penuh semangat dan antusias. Pelaksanaan praktek ecoprint dilaksanakan setelah pembelajaran sekolah selama 2 hari 30-31 Mei 2022. Pemateri dan praktisi ecoprint disampaikan oleh Ibu Siti Romlah dari HR Collection.

Cetak kain dari bahan-bahan dan pewarna alami diperoleh  dari lingkungan di alam termasuk  juga motifnya alami seperti  motif daun yang diperoleh di halaman SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Ecoprint yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah  Formula 1 dan 2 masing–masing dengan Teknik 1, 2, dan 3. Bahan dan alat yang diperlukan adalah : Daun-daun / bunga-bunga  atau motif alam yang dikehendaki, Tro , Aluminium , Acetat , ZWA, Symplocos , Tunjung, Calcium carbonat, Tanin, tali, plastik lebar, ember, panci kukusan, kompor.

Setelah dijadikan cetak kain maka kain dibiarkan dijemur di tempat yang teduh selama 7 hari agar pewarna meresap, baru setelah 7 hari kain dicuci dan bisa dicelupkan dengan lerak kemudian dijemur lagi di tempat yang teduh.

Hasil dari kain ecoprint dapat digunakan untuk bermacam-macan fashion, baju, jilbab, tas dan lain sebagainya, kini Ecoprint banyak digemari dan harga terjangkau sesuai kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.