Pergantian Nahkoda di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Kepala Sekolah SMP Muh.1 Yk baru bapak Susamta, S.Pd.

Yogyakarta_ (6/8) SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta secara resmi mempunyai nahkoda baru terhitung mulai Rabu, 4 Agustus 2021 bertepatan 25 Dzulhijjah 1442 H. Tonggak estafet kepemimpinan dipegang oleh bapak Susamta, S.Pd., yang sebelumnya menjabat kepala SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Tepatnya pukul 09.00 acara serah terima jabatan mulai dilakukan. Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh harap. Pergantian kepala sekolah dari ibu Siti Roikhanah, S.Pd., M.M., kepada bapak Susamta, S.Pd., dihadiri oleh wakil ketua PDM kota Yogyakarta bapak Drs.H. Suparto, perwakilan dari PCM kecamatan Ngampilan, perwakilan dari kelurahan Ngampilan, para kepala sekolah sekompleks perguruan Muhammadiyah Purwodiningratan, komite sekolah, dan segenap civitas akademika SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Acara yang juga disiarkan secara live melalui aplikasi teleconference Zoom ini bertempat di aula AR. Fakhrudin SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tentunya para tamu undangan dan guru karyawan yang jumlahnya dibatasi ini duduk di kursi dengan jarak sudah diatur oleh panitia serta selalu mengedepankan protokol kesehatan 5M hingga akhir acara. Rangkaian prosesi dan kegiatan dalam rangka menyambut kepala sekolah yang baru ini, telah berlangsung sejak Sabtu, 31 Juli 2021 lalu.  Diawali dengan berakhirnya masa jabatan kepala sekolah yang lama, yang kemudian dilanjutkan dengan pelantikan kepala sekolah yang baru di kantor PDM kota Yogyakarta yang ada di jalan Sultan Agung no. 14 di hari yang sama. Dua hari berselang, pada Senin, 2 Agustus 2021, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggelar acara perpisahan dengan kepala sekolah yang lama, ibu Siti Roikhanah, S.Pd., M.M. Kepala sekolah yang akrab dipanggil bu Roi ini terhitung singkat memimpin SMP Muhi, meskipun begitu keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah mengakui bahwa beliau telah memberikan sumbangsih besar bagi sekolah. Di bawah kepemimpinan beliau banyak ide dan pemikiran baru dalam tata Kelola SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta serta pembenahan dalam beberapa sektor yang membawa manfaat besar bagi sekolah termasuk keberhasilan terbaru dalam PPDB tahun ajaran ini.

Puncak acara serah terima jabatan ini adalah prosesi penyerahan jabatan kepala sekolah yang lama kepada kepala sekolah yang baru beserta laporan keadaan terkini mengenai kondisi sekolah. Dalam kesempatan itu, kepala SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta terlantik, bapak Susamta, S.Pd., menyampaikan, “Alhamdulillahirobbil álamin, atas kehendak Allah SWT, pada hari Sabtu, 31 Juli saya bergabung dengan keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang sangat luar biasa dengan segudang prestasi. Kekeluargaan dan dukungan masyarakat serta alumni yang hebat dan sukses menjadi ciri istimewanya. Mari kita lanjutkan kesuksesan sekolah tercinta ini dengan terus berkarya, berinovasi, dan berprestasi. Semoga berkah rahmat Ilahi menyertai perjuangan ini, aamiin yaa robbal álamin.” tandasnya

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa yang sampaikan oleh bapak Arif Afgani, S.Ag., selaku wakil kepala urusan ISMUBA. Doa dan harapan besar keluarga SMP Muhi dan para hadirin agar beliau bisa memimpin sekolah agar SMP Muhi bisa lebih baik dan lebih maju lagi di masa mendatang. Aamiin. (MZF)

Leave a Reply

Your email address will not be published.