PLS VIRTUAL DIIKUTI 180 SISWA BARU

Yogyakarta_ (16/7) Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini, proses pembelajaran tatap muka belum diterapkan oleh Pemerintah. Menindaklanjuti hal tersebut kemendikbud memberikan kebijakan kepada sekolah untuk melangsungkan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa  (Fortasi) Tahun Pelajaran 2021/2022 secara daring.

Acara PLS berlangsung selama lima hari Senin, 12-16 Juli 2021 dengan materi dan kegiatan yang beragam, tema pada PLS ini “Keep on Moving: PPKM Bukan PenghalangTuk Tetap Belajar dan Wujudkan Mimpi”. Sebanyak 180 siswa baru kelas VII mengikuti acara PLS dengan antusias.

Buku panduan PLS dibagikan melalui grup kelompok PLS yang terdiri dari kelompok A,B,C,D,E, dan F pada hari pertama siswa menyemarakan PLS dengan twibbon yang diuploud di sosial media dengan hastag SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta, selain itu juga setiap harinya siswa mengirimkan menu sarapan yang telah ditentukan panitia guna menunjang kesehatan selama PLS.

Penyematan simbolis dimulainya PLS dengan menghadirkan perwakilan siswa baru ke studio SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sambutan sekaligus serah terima siswa dan pembukaan PLS-Fortasi oleh Hj.Siti Roikhanah,M.M. selaku kepala sekolah, sambutan oleh H. Mustajab, S.Ag. mewakili orang tua siswa, dilanjutkan profil sekolah oleh Drs. H. Parjimin dan  profil guru dan karyawan oleh Suratinem, S.Pd.

Pada hari ke-3 acara PLS menghadirkan Trisna Sukmayadi, M.Pd. dosen PPKN UAD mengisi materi tentang wawasan kebangsaan, dilanjutkan budaya dan literasi oleh Siti Roihanah, M.M. dan diakhir sesi  penumbuhan karakter peserta didik oleh Agus Rifai, S.Pd.

Hari ke-4 materi disampaikan oleh Nanik Dwi Haryani, M.S.I. tentang Kemuhammadiyahan dan IPM, sedangkan Dra. Sri Rahayu membahas Sekolah sehat dan PHBS.

Puncak acara dihari terakhir sosialisasi jadwal dan Teknik pelaksanaan BDR oleh Yunitasari, S.Pd. dan virtual competition serta pembagian hadiah perlombaan.

Berikut para pemenang dalam virtual competition:

Lomba Adzan

Juara I : Adit : kelompo  7C

Juara II : Damar Aryo : kelompok 7E

Lomba Tartil

Juara I : Yerika Nasyaka Dila : Kelompok 7A

Juara II : Damar Aryaesto : kelompok 7E

Lomba Kaligrafi

Juara I : Lenthera Kaia Daiva : kelompok 7A

Juara II : Syakira Lathifa : kelompok 7A

Lomba Tahfidzul Qur’an

Juara I : Damar Aryaseto : kelompok 7E

Juara II : Aura Rageda Ahista : kelompok 7D

CERDAS Cermat Agama

Juara I : Suci Anugrah Wati : kelompok 7D

Juara II : Syakira Huwaida Gunawan : kelompok 7A

Cerdas Cermat Matematika

Juara I : Ababil Ardhana : kelompok 7A

Juara II : Marsya Ayu : kelompok 7C

Lomba Melukis

Juara I : Malka Syarif Firdaus : kelompok 7A

Juara II : Anggun Hasanah : kelompok 7B

Lomba Menyanyi Solo

Juara I : Queena Oryza Sativa Salsabila : kelompok 7D

Juara II : Kania Diva Islami : kelompok 7A

Lomba Baca Puisi

Juara I : Alissa Rahma Insani : kelompok 7A

Juara II : Silla Adinda Adelia : kelompok 7F

Lomba News Reading

Juara I : Shafira Cahya Diana : kelompok 7B

Juara II : Faiha Hayu Kayana Sakti : kelompok 7B

Mobile Legends

Juara I : kelompok 7F

Juara II : kelompok 7B

Para pemenang berhak mendapatkan pulsa yang akan dikirim oleh panitia, harapan kedepan menjadi bibit unggulan dalam mengasah potensi di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, selamat dan sukses siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.