TADZKIRAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 H

Yogyakarta _(18/10) SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta memperingati PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H  yang digelar secara virtual dengan zoom meeting, acara ini diikuti seluruh kelas VII, VIII dan IX berlangsung pada Senin, 18 Oktober 2021.

Ketua panitia  wakil urusan Keislaman Arif Afgani mengatakan “PHBI Maulid Nabi diadakan secara virtual mengingat kondisi saat ini belum memungkinkan jika dilaksanakan secara offline” ungkap Arif disela-sela kesibukannya.

Langsung dari studio SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan dipandu Nanik Dwi Hariyani sebagai MC, dan mengundang Bambang Bimo Suryono, S.Ag yang lebih dikenal dengan Kak Bimo sebagai pembicara, kali ini mengangkat tema “Maulid Nabi 1443 H: Jadikan Akhlak Nabi Landasan Akhlak Generasi Masa Kini” bertujuan agar peserta didik lebih menghayati sosok uswah tauladan Nabi Muhammad SAW.

Susunan acara dimulai dari pembukaan, dilanjutkan  kalam ilahi oleh Erico Ahmad Anjani 8f dan Zahra Afriza 9B sebagai sari tilawah, maqra’ yang dibaca Q.S  Al Ahzab: 21-22.

Kepala Sekolah menyampaikan dalam sambutannya ”BHBI Maulid Nabi esensinya adalah kita merasa bersyukur atas kelahiran Rasulullah SAW, maka seyogyaknya hal hal yang terkait dengan keteladanan Rasulullah nanti kita terapkan dan  bisa diaplikasi dalam keseharain di rumah, di lingkungan dan di sekolah. Maka semoga anak-anak menjadi generasi yang shalih dan shalihah”. Harapanya.

Sosok Kak Bimo, tidak asing lagi bagi warga DIY di dunia pendidikan, beliau merupakan pendongeng Nasional yang digemari anak-anak, remaja maupun orang tua, dengan logat bicara yang menirukan suara binatang, kartun dan lain sebagainya. Kali ini Kak Bimo menyampaikan macam-macam  nikmat yaitu nikmat Iman, Islam, Muamalah dan Kesehatan.

Dilanjukan dengan menukil  kitab karangan Symail Muhammadiyah dari ImamTirmidzi tentang gambaran fisik nabi Muhamamd saw, gagah, proposional, sehingga peserta zoom mampu mengimajinasikan. Kemudian keutamaan bershalawat, katauladanan Nabi dalam kesabaran bahwa akhlak Islam 50 persen dan separuhnya adalah syukur.

Kak Bimo melanjutkan dalam cerahmanya tentang fase dakwah Nabi Muhammad SAW dan disisipkkan banyak kisah tauladan Nabi Muhamma SAW , kemudian ditutup dengan nasehat khusus peserta didik SMP Muhamamdiyah 1 Yogyakarta, durassi 120 menitpun tidak terasa usai.

Diujung acara Kak Bimo memberikan tiga pertanyaan dan dua penanya terbaik dari perserta didik, bagi penjawab dan penanya diberikan doorprize pulsa senilai @Rp 50.000,- yang disupport oleh LazisMu SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.