Rabu, 27 September 2023 seluruh guru, karyawan serta satpam menghadiri kegiatan workshop mengenai Layanan Prima atau Service Excellent di ruang Multimedia SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berlangsung pukul 12.30-14.00 WIB. Kegiatan ini mengundang narasumber yaitu Ibu Dra Hj. Istifada, M.Si selaku perwakilan dari DIKDASMEN Pendidikan Non Formal PDM Kota Yogyakarta.
Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Suwahono, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dalam sambutan ini, Bapak Suwahono memaparkan tujuan dari kegiatan workshop siang ini yaitu Bapak Ibu Guru dan Karyawan diharapkan semua mendapatkan andil dan juga memberikan service terbaik serta dapat meningkatkannya kepada pelanggan yaitu siswa-siswi, tamu, serta orangtua walimurid. Karena dalam hal ini penting bagi guru dan karyawan memberikan pelayanan terbaik dan prima juga konsisten dalam pelayanannya.
Pada inti acara, Ibu Dra Hj. Istifada menyampaikan beberapa point penting, salah satunya yaitu seseorang harus memberikan layanan yang prima dan terbaik agar pelanggan puas akan pelayanan yang kita berikan. Dalam hal ini tingkat kepuasan terbagi menjadi beberapa tingkatan:
- Minimum – dapat diterima
- Expected – Rata-rata
- Desired – Preferred/ Terpilih
- Unanticipated- surprise service yang menyenangkan
Dan faktor kepuasan yaitu memberikan dampak kepada keterikatan emosional.
Selain itu beliau juga menyampaikan mengenai tiga pilar pelayanan yang berkualitas, yang terdiri dari product, process, dan people. Hal ini yaitu dengan memberikan produk dan pelayanan yang prima (excellent) menggunakan sistem, kebijakan, sistem umpan balik, dan struktur organisasi yang efektif, dan ketersediaan SDM yang kompeten dan terlatih. Tiga Pilar inilah yang menjadikan kunci keberhasilan suatu pelayanan yang prima.
Semoga dengan kegiatan workshop ini dapat memberikan wawasan dan ilmu serta pengingat bagi guru dan karyawan untuk selalu memberikan service/pelayanan terbaik di sekolah.