Belajar Bahasa Arab dengan Mudah

Yogyakarta_14/11/21 Salah Satu keunggulan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah adanya kelas Bahasa, program dari kelas ini yang banyak dinanti peserta didik adalah Native Speaker Class, setelah diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), maka agenda Native dilakukan secara tatap muka.  Acara ini terselenggara selama 2 hari 3-4 November 2021 dengan menghadirkan native Dr. Salimah Mohammed Husayn Barhah dari Libya dan Dr. Mohammad Salim dari Afghanistan. Keduanya sedang menempuh S3 di UIN Yogyakarta.

Kehadiran narasumber memberikan ghirah tersendiri bagi peserta didik kelas Bahasa VII,VIII, dan IX yang selama ini dilakukan secara online, peserta didik terbagi dalam dua sesi sesuai kehadiran yang sudah dijadwalkan untuk mengikuti acara tersebut.

Berlangsung di Multimedia para native memberikan materinya tentang “Belajar Bahasa Arab dengan Mudah”  materi yang disampaikan seputar Ta’aruf perkenalan, kedua pemateri menunjuk siswa untuk mempraktikan secara langsung secara bergantian.

Susamta, S.Pd.,M.Pd. dalam sambutanya mengatakan “tidak semua siswa mendapatkan pengalaman ini, maka bersyukur kelas Bahasa dapat menggali ilmu langsung dari para native yang berbahasa Arab, jadikan pengalaman berharga ini, sebagai bekal kalian di masa depan”.

Antusias peserta didik mengikuti Native Speaker Class, terlihat dengan keberanian untuk tampil kedepan dan tanya jawab, terlebih bagi kelas VII dan VIII berkomunikasi secara langsung dengan native Bahasa Arab, adalah kali pertama selama duduk di kelas Bahasa.

Dipenghujung acara, Dr. Salimah memberikan trik untuk bisa berbahasa Arab, “lakukan setiap harinya dengan menambah mufradat kosa kata minimal satu kosa kata baru setiap harinya, dan banyak kata Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Arab”. Sedangkan Dr. Salim menambahakan, “Bahasa Arab adalah Bahasa Agama, Bahasa yang kaya akan kosa kata, Bahasa perdagangan. Jika ingin kaya pelajarilah Bahasa Arab” simpulnya.

Agenda Native Class berkesinambungan, akan dilanjutkan dengan Native Jepang dan Native Inggris pada kesempatan berikutnya. Muhijunior menyajikan berbagai program kegiatan bagi peserta didik, memberikan pelayanan terbaik untuk mengali potensi demi meraih masa depan. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.