GURU SERIUSI PJJ

Pendidikan  Jarak Jauh

Memasuki Tahun Ajaran baru 2020/2021,  SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyiapkan (PJJ) Pendidikan Jarak Jauh   dimana seluruh kegiatan dilakukan online atau dengan istilah lain (BDR) Belajar Dari Rumah, kompetensi guru bagian dari kesuksesan PJJ dengan dukungan yang memadai, memacu guru untuk megaplikasikan berbagai macam metode, strategi belajar, media, alat dan bahan pembelajaran.

Situasi saat ini mengharuskan para pendidik memberikan inovasi dalam pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan tatanan kurikulum yang mengatur schedule secara rapi, dan sekolah memberikan solusi atas kendala- kendala  yang dihadapi para pendidik maupun peserta didik. Sebut saja adanya Tim IT (Information Technology) yang selalu siap memberikan layanan bagi guru, orang tua/wali murid, siswa.

Metode pembelajaran yang diberikan yaitu; pertama PJJ Daring (Dalam Jaringan/ Online) menggunakan gawai maupun laptop, Android melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring. Kedua PJJ Luring (Luar Jaringan/ Offline) menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraa dan media belajar di lingkungan sekitar. Ketiga kombinasi (Daring dan Luring) disesuaikan dengan kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.

Guru memberikan laporan setiap pekannya dengan mengisi form Laporan Guru Mapel Pembelajaran BDR dan Jurnal Harian Guru yang isinya mencakup bahasan materi, hambatan, pemecahan, kehadiran siswa dan lain-lain. Manajemen sekolah dalam memerankan guru sebagai pengelola dunia maya memiliki peranan merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi. Keseriusan guru dalam memberikan hak pesertadidik untuk memperoleh pendidikan yang bermutu telah dilakukan para guru, seyogyanya bagi pesertadidikpun demikian, timbal balik, komunikatif dioptimalkan agar tercapai kesuksesan pendidikan sesuai dengan visi dan misi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.