Kontes Roket Air

Sabtu, 31 Agustus 2019 yang lalu, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengirimkan duta untuk mengikuti salah satu ajang bergengsi di Bidang Peroketan di Indonesia. Dimana ajang ini merupakan pembinaan dasar-dasar tentang ilmu roket yang nota benenya dikembangkan oleh satu lembaga tersendiri di negara ini (LAPAN).

Roket air menggunakan prinsip prinsip ilmu fisika yang diaplikasikan dalam kemampuan meluncur stabil dan menuju ke sasaran dengan tepat. Pertimbangan dalam merancang desain roket, menentukan bobot kosong, menghitung volume bahan cair yang digunakan sebagai pendorong selain tekanan udara yang berfungsi sebagai pemicu hentakan/tekanan/gaya dorong sangatlah menentukan keberhasilan dalam meluncurkan roket air ini.

Sebenarnya membangun atau membuat roket air itu mudah didapat bahannya dan mudah dikerjakan. Hanya saja memerlukan ketekunan, ketrampilan, semangat dan kemauan untuk mencoba. Beberapa pengalaman lalu siswa yang memiliki kemampuan diatas akan dapat menghasilkan prestasi. Karena untuk kontes roket air ini bertahap dari perwakilan per masing masing Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK lokal akan dikirimkan ke jenjang Nasional, dan dari jenjang nasional dikirimkan ke jenjang antar negara.

Taman Pintar sebagai salah satu lembaga yang rutin menyelenggarakan kegiatan kontes roket ini. Dan pada tahun ini sudah #10 Kontes Roket Air Tampin. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta pun selalu mengikutinya dari tahun ke tahun walaupun ada beberapa waktu yang tidak mengikuti. #8 kali SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta ikut berperan dalam pengembangan Roket Air ini, dan juga telah mampu mengukir prestasi dalam Kontes Roket Air Taman Pintar dan berkesempatan mengikuti Kontes Roket Air tingkat Nasional.

Prestasi Roket Air SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai berikut:

  1. Juara 3 Kontes Roket Air tahun 2010 (Raka Satura)
  2. 10 Besar Roket Air dari tahun 2015-2017 (Muhammad Iqbal)
  3. Juara 1 Kontes Roket Air Tahun 2018 (Muhammad Fikri Dzaki)
Muhammad Fikri Dzaky (Juara 1 Roket Air Tampin 2018)
tim Roket Air Nasional DIY tahun 2018

Ketiga orang ini semuanya pernah ikut ke Kontes Roket Air Nasional walaupun di nasional belum membuahkan hasil.

Nah … Tahun ini kami juga mencoba untuk mengikuti jejak para pendahulu akan tetapi karena waktu yang sangat mepet dalam mempersiapkan siswa, kebetulan tahun ini yang berminat adalah siswa kelas VII yang baru tahu tentang seluk beluk peRoket Airan maka pengalamanlah yang didapatkan dan semangat untuk ikut di kontes kontes mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.