PROGRAM UNGGULAN BAHASA: SESUATU YANG DIHARAPKAN ZAMAN

Oleh: Esti Priyantini, S.S., M.Pd.Bi.*

Di era yang sangat kompetitif seperti sekarang sekolah harus kreatif menciptakan generasi unggul. Peserta didik yang diciptakan bukan hanya cerdas, tapi juga harus memiliki skill yang dibutuhkan zaman. Apalagi tantangan dunia industri 4.0 yang menjadikan dunia tanpa jarak. Sekolah harus memprediksikan bentuk skill yang dibutuhkan peserta didik untuk masa depan.  

Sekolah swasta seperti yang dimiliki Muhammadiyah, benar-benar harus inovatif. Tidak bisa berjalan hanya menerapkan pembelajaran konvensional. Salah satu skill tambahan yang paling relevan dengan tuntutan zaman adalah kelas Bahasa. Kelas Bahasa harus menjadi kelas unggulan. Semakin sempitnya ruang dan jarak, dengan tingkat kebutuhan teknologi informasi yang semakin meningkan, akses internet yang tidak dapat dihindarkan, peserta didik harus mampu berbahasa asing.

Kelas Bahasa, Ada Apa?

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta selama lima tahun ini telah mengembangkan sebuah program unggulan tersebut. Mengapa kelas Bahasa? Dunia kerja dan bisnis  di era industri 4.0 sangat mengedepankan skill berbahasa asing terutama bahasa Inggris yang notabene menjadi bahasa internasional.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta didik yang memilih peminatan kelas ini semakin bertambah. Melihat animo masyarakat yang semakin tinggi akan program kelas bahasa, SMP Muhammadiyah 1 terus berinovasi dan mengembangkan berbagai terobosan baru.

Awal berkembangnya kelas ini hanya berfokus pada satu bahasa asing. Seiring perkembangannya, saat ini kompetensi penguasaan bahasa mulai dikembangkan menjadi tiga Bahasa, yakni bahasa Inggris, Arab, dan Jepang.

Bahasa Arab menjadi Bahasa pemersatu ummat Islam dan menjadi ciri khas pembelajaran di sekolah Muhammadiyah. Sedangkan Bahasa Jepang menjadi salah satu varian bahasa yang menarik untuk dipelajari dan menjadi poin tersendiri dalam pembelajaran di kelas bahasa. Pembelajaran dalam program kelas Bahasa tersebut harus dititik beratkan pada pengembangan dan peningkatan kemampuan  berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dalam kehidupan sehari hari.  

Strategi Pengembangan

Dalam hal peningkatan kualitas program, SMP Muhammadiyah 1 yang saat ini dikepalai oleh Ibu Hj. Siti Roikhanah, M.Pd, membuka diri untuk berjejaring dengan berbagai elemen pendidikan. Kampus-kampus besar Muhammadiyah di Yogyakarta menjadi rekan pengembangan yang sangat potensial.

SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berhasil bermitra dengan dua PTM Besar di Yogyakarta, yakni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Akhirnya SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta menandatangani MOU dengan Fakultas Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan. Kemudian dilanjutkan dengan American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kerjasama dengan elemen di luar Muhammadiyah juga perlu dilakukan. Salah satunya adalah bekerjasama dengan Desa Bahasa Borobudur dan Kampung Inggris di Pare-Kediri. SMP Muhammadiyah 1 juga merekrut mentor bahasa Jepang yang merupakan salah satu lulusan terbaik  di fakultas bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Berbagai kegiatan melibatkan native yang berkompeten di bidang Pendidikan. Upaya ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan kemampuan berbahasa langsung dari penutur asli.  Siswa juga mendapat kelas motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari hari.  Di setiap tahunnya mereka diberi kesempatan untuk berkompetisi diajang languge competition yang khusus dilaksanakan untuk siswa-siswa kelas Bahasa dari kelas 7, 8 dan 9.

Program kelas Bahasa juga memberi kesempatan siswa untuk pembelajaran luar kelas (outing class) dengan dibantu para dosen dan mahasiswa yang berkompeten baik UAD maupun UMY. Mereka turun langsung mendampingi siswa siswi kelas bahasa agar langsung memperaktekkan bagaimana bahasa asing digunakan di dunia nyata diluar dari proses pembelajaran di kelas.  

Language camp menjadi momen khusus bagi siswa menjalani karantina selama beberapa hari. Di sinilah siswa akan merasakan atmosphere yang sangat baik dan mendukung dalam pembelajaran bahasa asing karena siswa dikondisikan untuk bisa menggunakan bahasa asing secara maksimal. Dalam kegiatan tersebut didampingi mentor yang handal dan berpengalaman.

Di Tengah Pandemi

Di masa pandemik ini, berbagai model pembelajaran termasuk di dalamnya pembelajaran virtual dan non virtual dipersiapkan. Kondisi Pandemik Covid-19 tidak menyurutkan pelaksanaan program kelas bahasa untuk mendukung siswa melakukan proses Belajar Dari Rumah (BDR).

Para guru mempersiapkan modul, pocket dictionary, kartu pantau, video pembelajaran dan beberapa program pendampingan secara daring. Dengan tetap bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang terpercaya program akan dijalankan seoptimal mungkin.

Diharapkan kedepannya siswa mampu menggunakan berbagai fasilitas pembelajaran yang telah disediakan di Kelas Bahasa dengan baik. Sehingga hasil pembelajaran akan nampak dilihat dari semakin meningkatnya kemampuan berbahasa asing siswa di kehidupan sehari hari.

*Koordinator Kelas Bahasa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.