SMP Muhijunior Raih Gelar Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna

Oleh : Wahyu Syamrohani, M.Pd.

Kependudukan merupakan masalah bersama yang membutuhkan kepedulian dari semua pihak. Sekolah menjadi wahana yang tepat untuk mensosialisasikan masalah kependudukan, sedangkan guru memiliki peran strategis dalam membentuk dan mengembangkan wawasan dan karakter peserta didik. Peserta didik juga perlu memiliki wawasan tentang masalah-masalah kependudukan dan cara mengatasinya. Untuk mewujudkan semua itu, sekolah perlu menjadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan dan Keluarga Berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Menjadi sekolah yang peduli tentang berbagai masalah kependudukan, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berkomitmen mewujudkan Sekolah Siaga Kependudukan. Sebagai salah satu sekolah di Kota Yogyakarta yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menjadi Sekolah Siaga Kependudukan dengan SK Nomor 188/396 pada bulan Juni 2021, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengikuti berbagai sosialisasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendududuk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) terkait pelaksanakan integrasi muatan SSK ke dalam pembelajaran dan ke dalam berbagai kegiatan siswa. Keseriusan SMP Muhammadiyah 1 untuk mewujudkan SSK dikuatkan dengan MoU antara SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan DP3AP2KB Kota Yogyakarta pada tanggal 25 Juni 2021.

Pojok Kependudukan adalah salah satu wujud komitmen SMP Muhammadiyah 1 untuk menjadi Sekolah Siaga Kependudukan yang sesungguhnya. Pojok Kependudukan merupakan perpustakaan mini yang berisikan informasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam bentuk gambar, grafik, peta dan ornamen-ornamen tentang kependudukan baik berwujud hardcopy maupun softcopy. Pojok Kependudukan menjadi salah satu sumber belajar peserta didik, agar peserta didik dapat memahami isu kependudukan sekaligus sebagai upaya pembentukan generasi berencana. Pojok Kependudukan juga bermanfaat bagi guru agar mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

Jerih payah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mewujudkan SSK berbuah manis pada penghujung tahun 2021 dengan meraih penghargaan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan kategori Paripurna. Hal ini menjadi penyemangat bagi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk terus berperan aktif mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan penduduk berkualitas dan membentuk generasi Indonesia emas.             

Leave a Reply

Your email address will not be published.