Muhijunior Raih Penghargaan Rapot Pendidikan Peringkat 3

Kamis, 2 November 2023, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta mendapatkan penghargaan Kenaikan Rapot Pendidikan Kementrian Riset dan Teknologi dengan peringkat 3 yang meliputi: capaian skor literasi, numerasi dan karakter, dari data tahun 2022. Pencapaian ini tentu sangat menggembirakan bagi SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Rapor Mutu dan Rapor Pendidikan ini seringkali dianggap sama bagi sebagian pengguna. Namun, pada konteksnya Rapor Mutu dan Rapor Pendidikan merupakan dua hal yang berbeda. Rapot pendidikan adalah rapot yang diterima oleh suatu satuan pendidikan. Namun, rapot yang dimaksud dalam tulisan ini adalah dalam skala besar, yaitu upaya yang diperoleh sekolah, setelah menjalani program-program tertentu.

Rapor Pendidikan Indonesia adalah sebuah platform digital yang menampilkan laporan hasil evaluasi sistem pendidikan. Bertujuan untuk penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Rapor Pendidikan Indonesia adalah laporan hasil evaluasi sistem secara keseluruhan dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh.

Penyusunan Rapor Pendidikan dilakukan melalui berbagai asesmen atau survei nasional. Satuan pendidikan tidak perlu melakukan pengisian data sendiri, sehingga diharapkan beban administrasi satuan pendidikan dapat berkurang. Rapor Pendidikan ini berisikan data dari hasil Asesmen Nasional berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survei karakter, serta survei lingkungan belajar.

Ucapan terimakasih juga tak lupa disampaikan oleh Bapak Suwahono, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta kepada Bapak dan Ibu Guru serta karyawan, yang selama ini telah menghabiskan energi demi meraih mutu pendidikan yang baik.

Semoga dengan capaian ini, dapat memberikan dorongan dan semangat kepada SMP Muhammadiyah 1 Yogykarta untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *